Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Puji syukur kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa, yang telah rahmat, taufiq dan hidayah-Nya sehingga buku “Kabupaten Malang Dalam Angka Tahun 2011”  edisi tahun 2012 telah dapat hadir dihadapan kita.

Kabupaten Malang merupakan salahsatu dari 38 kabupaten/ kota di Jawa Timur bila dilihat dari segi geografis, terletak dibagian Selatan Tengah yang juga merupakan pusat pertumbuhan ekonomi, pusat perkembangan budaya dan pusat pengendalian keamanan yang penting di regional Jawa Timur. Ditinjau dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), menyumbang hampir 5 % lebih terhadap perekonomian Jawa Timur yang sebagian besar dari sektor pertanian primer.

Dalam  era  informasi,  data  statistik  merupakan  sesuatu  yang  sangat penting. Dengan data yang pengumpulannya didasari oleh konsep dan definisi yang baik, berbagai ihak dapat berkomunikasi dalam persepsi yang sama. Mengingat hal ini saya menyambut dengan gembira usaha penerbitan buku Kabupaten Malang Dalam Angka Tahun 2011 disi tahun 2012 yang sudah merupakan agenda rutin.

Buku ini bukan saja berguna bagi perencanaan pembangunan di Instansi Pemerintah, namun juga dapat digunakan oleh semua pihak yang memerlukan, seperti peneliti dan mahasiswa. Mengingat kesinambungan penyajian data semacam ini dari tahun ke tahun perlu dijaga, saya menghimbau kepada semua pihak untuk tetap  membantu  publikasi  ini  bahkan  dapat  ditingkatkan  pada  tahun-tahun berikutnya.

Akhirnya, semoga buku Kabupaten Malang Dalam Angka Tahun 2011 edisi tahun 2012   ini   semakin   bermanfaat   untuk   kesinambungan   pembangunan Kabupaten Malang dan untuk keperluan pembangunan pada umumnya.

Sekian dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

   

Malang,    Nopember 2012
BUPATI MALANG

 

 

H. RENDRA KRESNA